JURNAL ILMU MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 12, No 2 (2021): Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis. September 2021

Implementasi Electronic Customer Relationship Management dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan Hotel Aston Pasteur

Safira, Iffah Amalia (Unknown)
Hendriyani, Chandra (Unknown)
Damayanti, Fenny (Unknown)
Rochmah, T.Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2021

Abstract

E-CRM (Electronic Customer Relationship Managemen) merupakan proses memaksimalkan penjualan terhadap pelanggan dan memprospek pelanggan dengan menggunakan teknologi informasi seperti databases, website, customer service, e-mail, dan social media marketing (Hendriyani Raharja, 2018). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi e-CRM seperti website serta prosedur bisnis yang dilakukan oleh Aston Pasteur Hotel dalam meningkatkan loyalitas pelanggan. Selain itu penerapan e-CRM dalam bentuk  e-mail, sitemap dan social media marketing seperti facebook, instagram atau komunikasi secara lebih personal menggunakan whatsapp juga diharapkan dapat membantu  pihak hotel untuk mejalin  komunikasi yang baik dengan pelanggan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Adapun empat faktor dalam menunjang keberhasilan E-CRM yaitu Organitation Orientation,  Customer Orientation, Knowledge Orientation, dan Information Technology Orientation. E-CRM yang disediakan Aston Pasteur Hotel dapat membantu pelanggan dalam mencari informasi tentang perusahaan atau melakukan oder  room maupun reservasi kamar dengan mudah.

Copyrights © 2021