Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBL terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan randomize control only desighn. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 di SMA Negeri 1 Darul Imarah dengan jumlah sampel 20 orang. Pengumpulan data dengan pemberian tes. Data diolah dengan menggunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan, dengan taraf signifikan α = 0,05 hasil yang di peroleh adalah ttabel = 1,68 sedangkan thitung = 1,76 jadi thitung ttabel atau 1,76 1,68. Oleh karena itu thitung berada dalam penerimaan Ha, akibatnya tolak Ho, maka demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Problem Based Learning (PLB) terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal HOTS pada materi Gelombang Bunyi di SMA Negeri 1 Darul Imarah.
Copyrights © 2018