Kemendikbud memberikan perubahan signifikan dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) dalam Surat Edaran No.0204/H/EP/2017; dengan diperbolehkannya siswa memilih mata pelajaran yang diujiankan. Pada ujian nasional tahun 2018, aturan tersebut masih berlaku. Penelitian ini mengkaji masalah adakah kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika pada ujian nasional 2018. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitain ini adalah siswa SMA Negeri di Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 51 siswa secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan persamaan korelasi biserial.. Hasil analisis didapatkan koefisien korelasi biserial (rb) = 0,121452. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi termasuk korelasi yang sangat lemah sehingga dapat dianggap tidak ada korelasi, oleh sebab itu didapatkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018, dan terdapat faktor lain yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018. Abstrak Kemendikbud memberikan perubahan signifikan dalam penyelenggaraan ujian nasional (UN) dalam Surat Edaran No.0204/H/EP/2017; dengan diperbolehkannya siswa memilih mata pelajaran yang diujiankan. Pada ujian nasional tahun 2018, aturan tersebut masih berlaku. Penelitian ini mengkaji masalah adakah kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika pada ujian nasional 2018. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitain ini adalah siswa SMA Negeri di Banda Aceh tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 51 siswa secara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan persamaan korelasi biserial.. Hasil analisis didapatkan koefisien korelasi biserial (rb) = 0,121452. Berdasarkan tabel interpretasi koefisien korelasi termasuk korelasi yang sangat lemah sehingga dapat dianggap tidak ada korelasi, oleh sebab itu didapatkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada kaitan antara nilai awal siswa dengan pilihan mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018, dan terdapat faktor lain yang menyebabkan siswa tidak memilih mata pelajaran fisika di ujian nasional 2018. Kata kunci : Kaitan nilai awal, Ujian nasional, Korelasi biserial Abstract Ministry of Education and Culture provides significant changes in the implementation of national examination (UN) in Circular Letter No.0204 / H / EP / 2017; by allowing students to choose the subjects being tested. On the 2018 national exam, the rule is still valid. This study examines the problem of whether there is a relationship between the students’ first scores with the choice of physics subjects in the 2018 national exam. The type of research used is descriptive research with quantitative approaches. The sample in this study were high school students at Banda Aceh in 2017/2018 academic year by random sampling of 51 people. Data collection is gained by doing documentation. Data nalysis using biserial correlation equations. The analysis results obtained biserial correlation coefficient (rb) = 0.121452. Based on the table of interpretations the correlation coefficient includes very weak correlations so that there can be no correlation, then followed by a questionnaire found that there are several factors that cause students not to choose physics subjects in national examination, based on the likert scale score interpretation table states that the influence of family factor is the most dominant. Thus it can be concluded that there is no correlation between the students’ first scores with the choice of physics subjects in the 2018 national exam, and there are other factors that cause students not to choose physics subjects in the 2018 national exam. Keywords: Connection of students’ first scores, National examination, Biserial correlation.
Copyrights © 2018