Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 5, No 3 (2020): JULI 2020

FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DI SMAN 1 TAKENGON

Amalia Nuranda, Yusrizal, Soewarno (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Penelitian deskriptif kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika di SMAN 1 Takengon. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA.3 SMAN 1 Takengon yang berjumlah 30 responden. Pengumpulan data diperoleh dengan angket untuk kesulitan belajar siswa melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran fisika. Teknik analisis data yhang digunakan untuk mengetahui persentase faktor kesulitan belajar yaitu memilah data sesuai indikator-indikator penelitian meliputi faktor guru, faktor fasilitas, faktor lingkungan, dan faktor siswa. Hasil analaisis data diperoleh bahwa faktor-faktor kesulitan belajar dengan persentase secara berturut-turut adalah faktor fasilitas (63,99%), faktor siswa (63,33 %), faktor guru (56,48%) dan faktor lingkungan (55,71%). Sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor utama yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor fasilitas.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...