Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): APRIL 2019

ENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI OPTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 KEMBANG TANJONG

Nazia Suci, Abdul Hamid, Susanna (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu model pembelajaran untuk memecahkan suatu masalah melalui tahap-tahap metode ilmiah. Berdasarkan hasil observasi awal dan wawancara dengan guru dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika siswa masih belum memuaskan, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan yang dicapai siswa dalam setiap kali ujian belum mencapai KKM yang ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media animasipada materi optik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitiannya adalah kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 6 kelas sedangkan sampelnya adalah siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 19 orang siswa dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dengan 19 orang siswa. Data hasil penelitian diperoleh melalui pre-test dan post-test dengan soal pilihan ganda pada pokok bahasan optik. Pengolahan data dilakukan melalui analisis statistik uji normalitas, uji homogenitas dan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model problem based learning berbantuan media animasi pada materi optik terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Kembang Tanjong.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...