Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika
Vol 4, No 2 (2019): APRIL 2019

KORELASI KEMAMPUAN MENGHAFAL ALQURAN DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI ULUMUL QURAN SIGLI

Nurul Husna, Tarmizi, Susanna (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2021

Abstract

Penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menghafal Alquran dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli kelas XI yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data diperoleh dengan dokumentasi untuk kemampuan menghafal Alquran dan Instrumen tes untuk hasil belajar fisika. Pengolahan data menggunakan koefisien korelasi dan pengujian hipotesis melalui persamaan produk moment. Hasil penelitian koefisien korelasi menunjukkan kemampuan menghafal Alquran dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli dengan rhitung sebesar 0,427 berkategori sedang dan hasil pengujian hipotesis diperoleh rhitung rtabel yaitu 0,427 0,367 maka hipotesis penelitian (H0) ditolak, artinya antara kemampuan menghafal Alquran dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli memilki hubungan yang signifikan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pendidikan-fisika

Publisher

Subject

Education

Description

Penerbitan jurnal ini untuk mendukung mahasiswa Program studi pendidikan fisika dalam bidang penelitian dan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Ilmu-ilmu pendidikan dibidang sains khususnya ...