Penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan menghafal Alquran dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli kelas XI yang berjumlah 29 orang. Pengumpulan data diperoleh dengan dokumentasi untuk kemampuan menghafal Alquran dan Instrumen tes untuk hasil belajar fisika. Pengolahan data menggunakan koefisien korelasi dan pengujian hipotesis melalui persamaan produk moment. Hasil penelitian koefisien korelasi menunjukkan kemampuan menghafal Alquran dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli dengan rhitung sebesar 0,427 berkategori sedang dan hasil pengujian hipotesis diperoleh rhitung rtabel yaitu 0,427 0,367 maka hipotesis penelitian (H0) ditolak, artinya antara kemampuan menghafal Alquran dengan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri Ulumul Quran Sigli memilki hubungan yang signifikan.
Copyrights © 2019