Pada pembelajaran fisika khususnya di tingkat SMA, kemampuan daya nalar yang tinggi serta cara berfikir yang kritis sangat dibutuhkan oleh peserta didik dalam memahami konsep maupun materinya yang cenderung bersifat abstrak. Sebagai salah satu mata pelajaran eksak, pembelajaran fisika juga tak pernah lepas dari penggunaan operasi matematika baik dalam pemahaman konsep maupun dalam proses pemecahan masalahnya. Oleh karenanya, kemampuan matematis pun sangat dibutuhkan oleh peserta didik untuk mencapai pembelajaran fisika yang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kemampuan matematika terhadap hasil belajar fisika di MAN 3 Banda Aceh. Jenis Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil uji tes matematika dan fisika yang diberikan kepada peserta didik kelas XMIA3, sebagai sampel yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi. Hasil perolehan data pada penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan matematika peserta didik kelas X di MAN 3 Banda Aceh terhadap hasil belajar fisika yang dicapai.
Copyrights © 2018