Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika
Vol 8, No 2 (2021): JURNAL INOVASI DAN PEMBELAJARAN FISIKA

DEVELOPMENT OF STEM-BASED LENS ELECTRONIC MODULE IN OPTICAL COURSES FOR PHYSICS TEACHER PROSPECTIVE STUDENTS

Fitriyani Fitriyani (sriwijaya university)
Sudirman Sudirman (Unknown)
Nely andriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Telah berhasil dikembangkan modul elektronik berbasis STEM pada materi lensa untuk mahasiswa calon guru Fisika pada mata kuliah optik yang valid dan praktis , penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan produk yang menggunakan model pengembangan   Rowntree, dengan  tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan , dan tahap evaluasi. Pada tahap evaluasi digunakan evaluasi formatif Tessmer yaitu, self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation untuk mengetahui tingkat kevalidan dan kepraktisan modul elektorrnik. Aplikasi yang digunakan pada penelitian ini adalah flip pdf professional .Tahap expert review diperoleh  rata-rata skor pada tahap validasi isi sebesar 4,93 (sangat valid), validasi tampilan modul sebesar 4, 88 (sangat valid), dan pada validasi Bahasa sebesar 4,75 (sangat valid).Tahap one-to-one evaluation dinyatakan sangat praktis dengan rata-rata hasil penilaian angket tanggapan terhadap penggunaan modul elektronik sebesar 93,8%.pada tahap uji coba small group evaluation, rata-rata hasil penilaian angket ta  nggapan mahasiswa terhadap penggunaan modul elektronik yang dikembangkan yaitu sebesar 85,7 % dengan kategori sangat praktis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipf

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika (JIPF) is a peer-reviewed journal that is managed by Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sriwijaya and published by Program Sarjana Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Sriwijaya. JIPF is published ...