Phinisi Integration Review
Volume 4 Nomor 3 Tahun 2021

Pengaruh Sarana Prasarana, Kreativitas Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa

Asriadi, Asriadi (Unknown)
Herman, Herman (Unknown)
Bastiana, Bastiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar; pengaruh sarana prasarana terhadap motivasi belajar; pengaruh sarana prasarana terhadap hasil belajar; pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar; pengaruh kreativitas guru terhadap motivasi belajar; pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar; pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar; dan hubungan antara sarana prasarana dengan kreativitas siswa di SDN Gunungsari II Makassar. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif korelasional. Populasi adalah siswa SDN Gunungsari II Makassar sebanyak 118 siswa. Sampel 73 responden menggunakan rumus Krejcie dan Morgan. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif, verikatif, analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sarana prasarana tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar; (2) Sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa; (3) Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (5) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (6) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (7) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; dan (8) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara sarana prasarana dengan kreativitas guru di SDN Gunungsari II Makassar. (3) Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (5) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (6) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (7) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; dan (8) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara sarana prasarana dengan kreativitas guru di SDN Gunungsari II Makassar. (3) Sarana prasarana berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (4) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (5) Kreativitas guru tidak berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa; (6) Kreativitas guru berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; (7) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa; dan (8) Terdapat hubungan yang cukup kuat antara sarana prasarana dengan kreativitas guru di SDN Gunungsari II Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pir

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Phinisi integration review dikelola oleh program studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar dengan ISSN: 2614-2317 (online) dan ISSN: 2614-2325 (Cetak), terbit 2 kali dalam setahun pada bulan februari dan agustus. Phinisi integration review ...