JOURNAL OF SCIENCE AND SOCIAL RESEARCH
Vol 4, No 3 (2021): October 2021

Persepsi Mahasiswa tentang Implementasi Blended Learning di Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Rio Saputra (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Rina Yuniarti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Gunawan Gunawan (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2021

Abstract

Implementasi Blended learning baru diterapkan satu tahun terakhir di Universitas Muhamamdiyah Bengkulu. Pemanfaatan model pembelajaran ini perlu dievaluasi pelaksanaannya untuk melakukan peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. Persepsi Mahasiswa sebagai pengguna blended learning menjadi penting untuk melakukan perbaikan sistem dan pemanfaatan blended learning. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa tentang implementasi blended learning di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif survey. Sampel penelitian adalah mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu sebanyak 1.204 dari berbagai program studi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yaitu (1). Mahasiswa lebih suka menggunakan model pembelajaran daring menggunakan kelas kito dibandingkan model pembelajaran yang lain, seperti zoom, google meet, whatapss call (2). Mahasiswa dapat belajar di lingkungan yang nyaman, sesuai dengan kecepatan mereka sendiri dan dapat belajar berulang kali, (4) terdapat 856mahasiswa berpendapat bahwa kelas kito lebih baik daripada metode lain,(5) sebagian kecil 348mahasiswa berpendapat bahwa mereka merasa bosan dan sulit untuk belajar melalui kelas kito. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JSSR

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Science and Social Research is accepts research works from academicians in their respective expertise of studies. Journal of Science and Social Research is platform to disclose the research abilities and promote quality and excellence of young researchers and experienced thoughts towards ...