Observasi awal yang dilakukan menunjukkan adanya permasalahan pembelajaran matematika di SMA N 1 Ngadirojo antara lain masih adanya kecenderungan kegiatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centered) dan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan kondisi tersebut perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran kooperatif tipe Nambered Heads Together (NHT) merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X MIPA-2 SMA Negeri 1 Ngadirojo Tahun Pelajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di Kelas X MIPA-2 tahun Pelajaran 2019/2020 SMA N 1 Ngadirojo dengan jumlah siswa 33 orang. Pelaksanaan tindakan terbagi menjadi dua siklus. Lembar observasi motivasi digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes esai terstruktur digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari 83,3% pada siklus I menjadi 91% pada siklus II dengan kreteria sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa ketuntasan klasikal meningkat 9% dari 82% menjadi 91%, dan peningkatan rata-rata kelas sebesar 7,09 dari 73,63 menjadi 80,72. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT yang digunakan peneliti, dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Adapun langkah-langkah yang dilakukan oleh peneliti adalah Numbering (Penomoran), Questioning (Pengajuan Pertanyaan, Heads Together (Berpikir Bersama) dan Answering (Menjawab).
Copyrights © 2021