Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada pendekatan kualitatif, peneliti mengamati fenomena yang terjadi di lapangan yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan serta perilaku yang diamati dari siswa. Sedangkan pada pendekatan kuantitatif, peneliti melakukan pengolahan terhadap nilai hasil belajar siswa. Penelitian ini akan menguraikan peningkatan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan Mind Map di kelas V SD Negeri 01 Bukik Limbuku. Dalam melakukan penelitian, peneliti akan berkolaborasi dengan guru teman sejawat. Sementara untuk data dalam penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari proses belajar mengajar yang dilakukan guru. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa dari sejauh mana siswa dapat memahami masalah sosial yang ada di daerahnya. Berdasarkan data awal terkait dengan minat peserta didik, pembelajaran PKn di SD Negeri 01 Bukik Limbuku masih bersifat monoton dan kurang menarik. Sehingga setiap pelajaran berlangsung peserta didik jadi kurang tertarik dan kurang berminat dalam mengikuti pelajarannya. Hal ini antara lain disebabkan dalam proses pembelajaran PKn guru masih mendominasi proses pembelajaran.
Copyrights © 2021