PENDIPA Journal of Science Education
Vol 6, No 1 (2022): November - February

Pengaruh Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Muatan Pembelajaran IPA Kelas IV Di SD Negeri 08 Sungai Rumbai

Sonia Yulia Friska (Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat)
Maulidya Tri Amanda (Unknown)
Ana Novitasari (Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat)
Gingga Prananda (Universitas Dharmas Indonesia, Sumatera Barat)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran video animasi kelas IV di SD Negeri 08 Sungai Rumbai Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-2 SD Negeri 08 Sungai Rumbai yang berjumlah 16 orang siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan design eksperimen dalam bentuk pre-experimental design tipe one group pretest-posstest (sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan video animasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dilakukan dengan menggunakan tes yang berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil normalitas maka dapat disimpulkan bahwa siginifikansi yang diperoleh dari data pretest yaitu 0,81<0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari data posttest yaitu 0,59<0,05. Hasil uji hipotesis dari uji paired samples test dapat diperoleh nilai signifikan 0,000. Hasil pengujian terlihat nilai signifikan <0,05, yaitu 0,000<0,05. Maka hasil uji paired samples test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan Ha diterima dalam menggunakan media pembelajaran video animasi pada muatan pembelaran IPA terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan di kelas IV SD Negeri 08 Sungai Rumbai.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendipa

Publisher

Subject

Chemistry Education Mathematics

Description

PENDIPA Journal of Science Education is a peer-reviewed, open-access journal covered all aspect of science and science education. PENDIPA journal welcomes the submission of scientific articles related to mathematics, physics, chemistry, biology, and its educational implementation in a school, higher ...