Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran video animasi kelas IV di SD Negeri 08 Sungai Rumbai Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-2 SD Negeri 08 Sungai Rumbai yang berjumlah 16 orang siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan design eksperimen dalam bentuk pre-experimental design tipe one group pretest-posstest (sebelum dan sesudah diberi perlakuan dengan menggunakan video animasi). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dilakukan dengan menggunakan tes yang berupa soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil normalitas maka dapat disimpulkan bahwa siginifikansi yang diperoleh dari data pretest yaitu 0,81<0,05 dan signifikansi yang diperoleh dari data posttest yaitu 0,59<0,05. Hasil uji hipotesis dari uji paired samples test dapat diperoleh nilai signifikan 0,000. Hasil pengujian terlihat nilai signifikan <0,05, yaitu 0,000<0,05. Maka hasil uji paired samples test dapat disimpulkan bahwa ditolak dan Ha diterima dalam menggunakan media pembelajaran video animasi pada muatan pembelaran IPA terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan di kelas IV SD Negeri 08 Sungai Rumbai.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022