Jurnal Ilmiah POTENSIA
Vol 6, No 2 (2021): JULI

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif Dan Kewirausahaan

Syahputra Perdana (Universitas Negeri Medan)
Arwansyah Arwansyah (Universitas Negeri Medan)
Hasyim Hasyim (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Mengatasi permasalahan hasil belajar siswa yang rendah sangat penting bagi pendidik agar siswa mendapatkan hasil belajar yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakanpenggunaanmedia pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan. (2) keefektivitasan media pembelajaran interaktif berbasis android dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas XI Tata Boga 1 dan Tata Boga 2 sebanyak 60 siswa. Pada penelitian ini menggunakan teknis sampel jenuh yang berarti keseluruhan populasi dijadikan sampel. Objek dalam penelitian ini adalah media pembelajaraninteraktifberbasis android pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) dengan menggunakan model Four-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan dan Semmel).Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis android yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli materi dengan persentase 76.36% yang berarti media pembelajaraninteraktifberbasis android inilayakuntukdigunakan. Pada penilaian ahli media denganpersentase 79,33% yang berarti media pembelajaraninteraktifberbasis android inilayakuntukdigunakan. Pada penilaian praktisi guru denganpersentase 93.67% yang berarti media pembelajaraninteraktifberbasis android ini sangat layakuntukdigunakan. Media pembelajaran interaktif berbasis android efektifdigunakan berdasarkan hasil perhitungan uji t, diperoleh data bahwa thitung> ttabel atau 5,868 > 2,00172 atau denganĀ  kata lain H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapatlah disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan yang menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis android dengan efektifitas penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis android sebesar 88,56%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

potensia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Potensia merupakan hasil penelitian tentang Pendidikan Anak Usia Dini yang menyajikan hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian dengan paradigma penelian seperti PTK, Kualitatif, Kuantitatif, Teoritik, Opini, Resensi buku dan kajian lainnya. Jurnal ini diperuntukkan bagi para ahli, ...