SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 4, No 3 (2021): Agustus

DISABILITY AWARENESS PADA SISWA SEKOLAH INKLUSI

Ika Fitria (Universitas Brawijaya Malang)
Dian Putri Permatasari (Universitas Brawijaya Malang)
Melina Purnomo (Universitas Brawijaya Malang)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKKeberadaan pendidikan inklusi menyediakan akses yang lebih besar pada kurikulum umum, meningkatkan interaksi sosial dan memiliki harapan yang lebih tinggi bagi siswa penyandang disabilitas. Namun, siswa penyandang disabilitas juga seringkali mendapatkan stigma dari teman-teman sebayanya yang dapat menimbulkan dampak kesehatan fatal, seperti meningkatkan rasa kesepian dan kecemasan dari korban, serta dapat mengurangi harga diri mereka. Peluang munculnya diskriminasi, lingkungan kelas yang negatif, atau sikap negatif dari teman sebaya bisa disebabkan karena banyak siswa yang belum mendapatkan edukasi sehingga mereka tidak mengetahui, memahami, tidak menerima, dan berempati dengan siswa penyandang disabilitas. Untuk itu, edukasi mengenai kesadaran tentang disabilitas (disability awareness) amat penting bagi sekolah karena mampu mengedukasi siswa sehingga mereka menjadi warga yang lebih baik. Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan, ternyata masih ada siswa-siswa di  SMA Muhammaddiyah 1 Malang yang belum memahami bagaimana bersikap terhadap teman disabilitas. Maka, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan metode psikoedukasi ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan sikap penerimaan, pemahaman, dan pengetahuan tentang disabilitas pada siswa reguler, sehingga dapat menurunkan sikap negatif terhadap siswa penyandang disabilitas. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa para siswa meningkat pemahamannya mengenai konsep-konsep disabilitas. Selain itu para peserta juga memberikan tanggapan positif atas berlangsungnya kegiatan ini.   Kata kunci: kesadaran disabilitas; siswa SMA ABSTRACTInclusion education provides greater access to the general curriculum, improves social interaction and has higher expectations for students with disabilities. However, students with disabilities often got stigma from their peers which can have fatal health impacts, such as increasing loneliness and anxiety from victims, and reduce their self-esteem. The chances of discrimination, a negative classroom environment, or negative attitudes from peers can be due to many students who have not received education so they do not know, understand, accept, and empathize with students with disabilities. Therefore, education about disability awareness is very important for schools because it is able to educate students so that they become better citizens. Based on early observations in school, there are some students at SMA Muhammadiyah 1 Malang who do not understand how to behave towards friends with disabilities. Then      community-oriented activity with psychoeducational method aims to improve acceptance, understanding, and knowledge of disabilities in regular students, so as to reduce negative attitudes towards students with disabilities. The results showed that students improved their understanding of the concepts of disability. In addition, the participants also gave positive responses to the activities. Keywords: disability awareness; high school students.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...