SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan
Vol 4, No 3 (2021): Agustus

RUMBAQU: RUMAH BACA AL QUR’AN SEBAGAI SOLUSI IDEAL TEMPAT BELAJAR BAGI ANAK DI ERA PANDEMI COVID-19.

Supriadi Supriadi (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Rismawati Rismawati (Universitas Muhammadiyah Palopo)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

ABSTRAKPengabdian pada masyarakat ini di latarbelakangi oleh pandemi covid-19, dimana pola pendidikan anak berubah signifikan. Aktifitas belajar mengaji bagi anak perumahan Islamic centre permai tidak dapat lagi menggunakan teras tumah yang berukuran 6 (enam) meter persegi dengan jumlah santri 15 (lima belas) orang. Pengusul bersama warga berinisiasi membangun rumbaqu (rumah belajar Al-Qur’an) yang lebih luas. Di rumah belajar Al-Qur’an ini santri belajar iqro, tartil dan menulis.  Metode iqro digunakan untuk memastikan pelafalan huruf hijaiyah telah sesuai, sedangkan metode Al-baghdadiyah digunakan untuk memastikan bacaan tajwid dan mahraj telah benar. Untuk aktivitas belajar menulis huruf hijaiyah dapat dinilai dari kerapian tulisan. Seluruh kegiatan belajar diakhiri dengan evaluasi. Pada metode iqro, dilakukan untuk memastikan bahwa santri dapat berpindah pada jenis huruf berikutnya, sedangkan pada metode Al-baghdadiyah untuk memastikan bacaan telah sesuai dengan tajwid dan mahraj sehingga tartil Al-Qur’an benar.  Hadirnya rumbaqu menjadikan aktivitas belajar kembali dapat berjalan. Hasil pengabdian adalah terbangunnya rumbaqu dan meningkatnya kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Key word: pandemi covid-19; rumbaqu; iqro’, Al-baghdadiyah ABSTRACTThis community service is motivated by the COVID-19 pandemic, where the pattern of children's education has changed significantly. Qur'an learning activities for the children of the Islamic Center Indah housing complex can no longer use a 6 (six) square meter house terrace with a total of 15 (fifteen) students. The proposer and the residents took the initiative to build a wider "Rumbaqu". In this Al-Qur'an learning house, students learn "iqro’", "tartil", and "writing". The "Iqro" method is used to ensure that the pronunciation of the "hijaiyah" letters is appropriate, while the "Al-Baghdadiyah" method is used to ensure that the "tajwid" and "mahraj" pronunciation are correct. For learning activities to write "hijaiyah" letters, it can be assessed from the neatness of writing. All learning activities end with an evaluation. The "Iqro" method, is used to ensure that students can move on to the next type of letter, while in the "Al-Baghdadiyah" method is used to ensure that the "tajwid" and the "mahraj" of the "tartil" of the Qur'an is correct. The existenxe of  the "Rumbaqu" makes learning activities work again. The expected outcome of the service is the development of  "Rumbaqu" and the ability of students to read the Qur'an. Keywords: covid-19 pandemic; rumbaqu; iqro’, Al-baghdadiyah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Control & Systems Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Environmental Science Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan merupakan jurnal yang mendiseminasikan setiap pemikiran dan ide gagasan atas hasil penelitian dan pemanfaatan teknologi untuk diimplementasikan kepada masyarakat mencakup ; (1). Bidang ilmu pengetahuan ; MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, Biologi), ...