Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 6, No 3 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MEDIA POWER POINT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 1 SAWA

SriMuliani, Linda (Unknown)
Surdin, Surdin (Unknown)
Kasmiati, Sitti (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penggunaan media yang digunakan tidak variatif, pembelajaran yang monotone berpengaruh terhadap rendahnya kemampuan mengingat siswa dalam pemahaman materi, sehingga sudah saatnya diadakan pembaharuan dalam pembelajaran Geografi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Tujuan penelitian ini untuk mengetahuiapakah terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa dalam penggunaan media power point dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Geografi kelas X IPS SMA Negeri 1 SAWA. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPS yang berjumlah 25 orang yang diambil dari dua kelas berdasarkan nilai rata-rata pretest siswa. Dari dua kelas tersebut, terpilih satu kelas eksperimen yang diajar menggunakan media power point (X IPS1) dan kelas lain sebagai kelas kontrol yang diajar menggunakan metode konvensional (X IPS2). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu pre-test dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) nilai pre-test diperoleh tHitung=1,042 sedangkan untuk tTabel= 2,010 pada taraf signifikansi 0,05 serta menghitung derajat kebebasan= 25+25-2= 48. Dengan demikian, maka dapat diperoleh thitung < tTabel, maka H0 diterima artinya tidak terdapat perbedaan nilai rata-rata dalam penggunaan media power point dengan penggunaan metode konvensional kelas X IPS; dan 2) untuk post-test diperoleh diperoleh thitung =3,24. Sedangkan untuk tTabel=2,010 diperoleh dari taraf signifikan 0,05, serta dengan menghitung derajat kebebasan = 25+25-2 = 48. Dengan demikian, maka H0 ditolak yang terdapat perbedaan nilai rata-rata penggunaan media power point dengan penggunaan metode konvensional. Berdasarkan uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media power point lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metdoe konvensional. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...