Penelitian Pendidikan Geografi
Vol 6, No 3 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi

TINGKAT KESIAPSIAGAAN KOMUNITAS SEKOLAH DALAM MEMBANTU ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS MENGHADAPI BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI DI SEKOLAH LUAR BIASA

Mauliza, Evi (Unknown)
Sakdiah, Halimatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2021

Abstract

Anak berkebutuhan khusus merupakan bagian dari disabilitas yang beresiko paling rentan, tetapi cenderung terpinggirkan dan terlupakan dalam kondisi bencana. Masa lalu kota Banda Aceh sebagai salah satu wilayah terdampak gempa dan tsunami paling parah tahun 2004 lalu, tidak menutup kemungkinan bencana ini akan terjadi kembali dalam kondisi siswa berada di lingkungan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesiapsiagaan komunitas sekolah dalam membantu anak berkebutuhan khusus menghadapi bencana gempa bumi dan tsunami di Sekolah Luar Biasa Se-Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di seluruh Sekolah Luar Biasa di bawah lima yayasan pembinaan anak berkebutuhan khusus Se-Kota Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh komunitas sekolah terdiri dari kepala sekolah, guru dan Siswa sebanyak 512 jiwa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara proportionate stratified random sampling sehingga jumlah sampel keseluruhan dalam penelitian ini sebesar 225 jiwa. Data diperoleh melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan statistik deskriptif dengan mengukur indeks parameter 5 indikator kesiapsiagaan dari UNESCO/ISDR tahun 2006. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 76,92% dari 13 Sekolah Luar Biasa di lima yayasan yang menaungi anak berkebutuhan khusus dengan indeks kesiapsiagaan (40-45) berada pada kategori kurang siap menghadapi bencana, sedangkan 23,08% berada pada indeks kesiapsiagaan 55-64 berada pada kategori hampir siap menghadapi bencana. Berdasarkan hal tersebut, tingkat kesiapsiagaan bencana komunitas Sekolah Luar Biasa di Banda Aceh dalam membantu Anak Berkebutuhan Khusus menghadapi bencana gempa dan  tsunami masuk dalam kategori lemah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ppg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi (JPPG) merupakan jurnal Open-Access dan diterbitkan empat kali setahun setiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Artikel/Jurnal yang diterbitkan dengan aim dan scope berkaitan dengan Pendidikan Geografi dan Geografi ...