Journal EVALUASI
Vol 5, No 2 (2021): EVALUASI: Edisi SEPTEMBER

IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN SISWA PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMA SEJEHTERA PRIGEN

Ahmad Za'imul Umam (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Imam Syafi'i (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

Pembelajaran online yang sudah cukup lama dilakukan akibat pandemi covid 19 meninggalkan berbagai kendala dan masalah. Kendala dan masalah tersebut mengakibatkan pembelajaran yang dilakukan tidak maksimal dan kurang efektif. Karena itu, perlu adanya inovasi untuk mengurai permasalahan yang telah lama menimpa pembelajaran online di sekolah. Salah satu inovasi yang dilakukan SMA Sejahtera Prigen adalah menerapkan model blended learning. Peniliti mengkaji penerapan tersebut dengan pendekatan kualitatif deskritif. Dan peniliti menemukan bahwa  penerapan blended learning di SMA Sejahtera Prigen cukup memberikan hasil yang memuaskan, karena dengan model tersebut sekolah dapat menemukan solusi dari beberapa kendala saat pembelajaran online, diantaranya adalah Terbangunnya komunikasi yang efektif, mengurai kejenuhan, mengejar ketertinggalan, serta mempermudah pemahaman materi. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penerapan blended learning di SMA Sejahtera Prigen cukup efektif untuk meminimalisir permalasahan pembelajaran online pada masa pandemi covid 19, sekaligus meningkatkan kemandirian siswa dalam tanggung jawab belajarnya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

evaluasi

Publisher

Subject

Education

Description

EVALUASI: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dengan (P-ISSN 2580-3387 dan E-ISSN 2615-2886) adalah jurnal ilmiah yang berkala dan diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji ilmu Manajemen Pendidikan Islam. ...