Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media poster terhadap kreativitas dan inovasiĀ siswa pada pelajaran IPA di SD Cendrawasih III Pondok aren, Kota Tanggerang Selatan, penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, dan menggambil sampel pada dua kelas, yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimenĀ dan IVB sebagai kelas kontrol. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan sebanyak 3 kali pada kelas eksperimen. pertemuan ini dilakukan setiap minggu 2 kali, dikarenakan dimasa pendemi covid 19 ini sekolah dengan metode tatap muka di nonaktifkan dan sebagai gantinya dengan menggunakan via online seperti via zoom. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik penggumpullan data berupa angket (pretest-posttest). Sebelum dilakukan penelitian dilakukan uji validitas ahli(expart) dan menghasilkan 40 soal pretest dan posttest, selanjutnya soal diujikan kepada siswa untuk mengetahui apakah instrument valid atau tidaknya, uji validitas dilaksanakan di kelas IVA SD Cendrawasih III Pondok Aren kota Tangerang Selatan dengan jumlah 20 siswa.Hasil belajar pada kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran dengan menggunakan poster diperoleh data lebih baik dengan nilai rata-rata pretest kelas eksperimen pretest 77,9 dan postets 78,3 dibandingkan kelas kontrol yang belajar tanpa media poster yaitu nilai pretest 69,3 dan posttest 70,4.Perbedaan rata-rata hasil kreativitas tersebut membuktikan bahwa pembelajaran IPA, dilihat dari meningkatnya kreativitas pembelajaran IPA di kelas IVA (ekspperimen) sebelum diberikan perlakuan (media poster) dan dapa hasil kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil dari kelas kontrol yang tidak diberikan perlakukan.
Copyrights © 2021