NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 4 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN KESED HASIL KARYA WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS II B CILACAP

Tofik Nurhidayat (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)
Arisman Arisman (Politeknik Ilmu Pemasyarakatan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dari produk hasil karya warga binaan dalam rangka pengoptimalan pembinaan kemandirian melalui kegiatan kewirausahaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT dengan memperhatikan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikann faktor-faktor kekuatan dan kelemahan organisasi dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menjabarkan faktor-faktor peluang dan ancaman organisasi. Dari hasil analisis didapatkan total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan perolehan masing-masing 2,0625 pada skor kekuatan, artinya angka ini mempunyai kekuatan yang cukup kuat. 1,625 pada skor kelemahan, mengandung arti bahwa angka kelemahan lumayan rendah, dan peluang mempunyai skor 2,0625 berarti bahwa peluang cukup tinggi, serta skor ancaman 1,875 yang berarti ancaman tidak begitu tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cilacap pada posisi kuadran I dan strategi yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...