Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran dari produk hasil karya warga binaan dalam rangka pengoptimalan pembinaan kemandirian melalui kegiatan kewirausahaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cilacap. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Analisis SWOT dengan memperhatikan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikann faktor-faktor kekuatan dan kelemahan organisasi dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menjabarkan faktor-faktor peluang dan ancaman organisasi. Dari hasil analisis didapatkan total skor dari faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dengan perolehan masing-masing 2,0625 pada skor kekuatan, artinya angka ini mempunyai kekuatan yang cukup kuat. 1,625 pada skor kelemahan, mengandung arti bahwa angka kelemahan lumayan rendah, dan peluang mempunyai skor 2,0625 berarti bahwa peluang cukup tinggi, serta skor ancaman 1,875 yang berarti ancaman tidak begitu tinggi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Cilacap pada posisi kuadran I dan strategi yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif.
Copyrights © 2021