Salah satu karakteristik untuk melihat Pemasyarakatan sukses dan berhasil dalam program pembinaan adalah adanya pemasaran dari hasil Produk Pembinaan. Lembaga Pemasyarakatan yang dapat pemasaran dari hasil Produk Pembinaan dapat dikatakan berhasil didalam penerapan program pembinaan di Lembaga Pemasyarakatan. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mengidentifikasi faktor kelemahan dan kekuatan (lingkungan internal) dan faktor peluang dan ancaman (lingkungan eksternal) kemudian merumuskan strategi sebagai proses penentuan pemasaran hasil produk pembinaan Las di Rutan Kelas IIB Situbondo melalui analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities dan Threats). Penelitian ini , metode yang digunakan adalah Kualitatif Deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui proses wawancara subjek ,observasi subjek dan objek , internet dan penelitian kepustaka. Hasil penelitian menggunakan Analisis data dari IFAS dan EFAS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dapat diterapkan yaitu pada Kuadran I ( Agresif/ Progresif ). Sehinnga tujuan Rutan Kelas IIB Situbondo didalam menentukan strategi pemasaran hasil produk pembinaan Las mendapatkan hasil yang baik dan optimal. Serta untuk memperoleh posisi strategi dalam menentukan pemasaran hasil produk pembinaan Las di Rutan Kelas IIB Situbondo.
Copyrights © 2021