Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya penerapan model pembelajaran kooperatif khususnya Three Step Interview, karena pada saat sekarang ini guru cenderung menggunakan model pembelajaran dengan metode konvensional seperti metode ceramah pada setiap pembelajaran, sehingga kebanyakan siswa menjadi pasir atau kurang aktif dalam belajar dan cepat bosan. Hal ini juga terjadi khusunya pada guru sosiologi di SMAN 3 Solok Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, menyusun alat evaluasi model pembelajaran Three Step Interview dalam pembelajaran sosiologi kelas X IPS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kontruktivisme yang dikemukakan oleh Shymansky. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Jenis data penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Populasi pada penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas X IPS, sampel yaitu kelas X IPS 5. Instrumens data digunakan yaitu tes hasil belajar. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Three Step Interview di SMAN 3 Solok Selatan adalah bahwa penelitian model pembelajaran Three Step Interview dapat peningkatan hasil belajar secara persentase. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Three Step Interview, Pembelajaran Sosiologi
Copyrights © 2021