JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengembangan E-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester 1 di SMP Negeri 2 Ngunut

Sambuaga, Rizal (Unknown)
Sujono, Imam (Unknown)
Suja’i, Imam Sukwatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2021

Abstract

E-modul merupakan bentuk bahan belajar secara mandiri yang disusun sistematis secara elektronik, bersifat dinamis sebagai alternatif sumber dan media pembelajaran yang efisien. Rumusan masalah ini adalah bagaimana validitas dan efektivitas e-modul Ilmu pengetahuan sosial kelas 8 semester 1 SMP Negeri 2 Ngunut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development). Skema alur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi dari penelitian pengembangan Borg & Gall yaitu dari Research and Information Collecting sampai pada tahapan ke-10 yaitu Disemination And Implementation. Hasil validitas E-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas 8 semester 1 oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, guru mata pelajaran yang terkait masuk dalam kategori rerata sangat baik. Hasil uji menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan E-Modul Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas 8 Semester 1 hasilnya lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunakan buku teks. Hasil ini terbukti dengan rata-rata untuk kelompok eksperimen yaitu sebesar 81,08 dan rata-rata kelompok kontrol yaitu sebesar 74,48. Hasil perhitungan dari uji t menunjukkan nilai t 0.031 < 0.05 Ha diterima yang artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...