Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan belajar dengan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas VI di SDN Kalri 2 Kabupaten Karawang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di masa pandemic Covid 19. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelatif yang melibatkan sampel sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data keaktifan belajar menggunakan angket dan untuk hasi belajar menggunakan data sekunder dokumen hasil belajar siswa. Analisis data mengguakan bantuan SPSS versi 25 mencakup analisis deskriptif, uji asumsi (uji normalitas dan uji linearitas), uji korelasi, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan keaktifan belajar siswa kelas VI berada pada rata-raat 3,27 menunjukkan bahwa siswa cukup aktif dalam mengikuti pembelajaran PAI secara online dimasa pandemic. Pada KKM 75 yang ditetapkan hasil belajar berada pada rata-rata 78,13. Ini menunjukkan secara klasikal hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI secara daring di masa pandemic berada pada kategori cukup. Hasil pengujian signifikansi diperoleh nilai signifikansi (0,002) < sig. (0,05) menunjukkan H0 ditolak dan Ha terdapat pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar PAI. Koefisien determinasi sebesar 0,535 menunjukkan besarnya prosentase pengaruh keaktifan belajar terhadap hasil belajar PAI adalah sebesar 53,3%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021