Kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media yang bisa memadukan antar mata pelajaran sehingga guru hanya menggunakan buku siswa sebagai alternatif untuk menunjang pembelajaran. Media boneka jari merupakan media yang terbuat dari kain flanel yang dibentuk sesuai dengan gambar yang diinginkan. Bentuk media yang menarik dapat membuat suasana yang menyenangkan bagi peserta didik dalam proses pembelajaran. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media boneka jari serta mengetahui penilaian dari empat ahli yang terdiri dari dua ahli materi dan dua ahli media. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model Addie yang disederhanakan menjadi tiga tahapan yaitu (Analysis, Design, Development). Instrumen pengumpulan data berupa angket yang diberikan kepada ahli materi dan ahli desain untuk menguji kevalidan. Jenis data yang diperoleh dari hasil penelitian adalah data kualitatif yang dianalisis menggunakan data kuantitatif berupa data angka dan diinterpretasikan dengan pedoman kriteria penilaian untuk menentukan kualitas produk. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan produk media boneka jari yang telah memenuhi kriteria sangat valid dengan skor rata-rata dari ahli materi 95,6 % dan ahli desain 97,7 % dengan kriteria sangat valid. Dapat disimpulkan bahwa kriteria yang diperoleh media boneka jari yakni sangat valid, sehingga dapat digunakan pada jenjang Sekolah Dasar sebagai media pembelajaran peserta didik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021