Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecerdasan kognitif melalui permainan membilang anak dengan menggunakan media stik es krim dalam kemampuan berhitung pada anak usia dini. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pengisian angket. Data dikumpulkan melalui hasil yang telah dianalisis dari hasil pengamatan langsung dan hasil pengisian angket. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat hasil yang signifikan dalam proses pembelajaran membilang menggunakan media stik es krim, hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak yang sebelumnya masih kesulitan dalam mengurutkan angka sesuai lambang bilangan dan menghitung banyak benda, setelah guru menyiapkan media stik es krim, kartu angka, kartu bergambar anak mulai tertarik dan antusias untuk belajarnya dan mulai melatih fokus saat menghitung kembali sehingga minim kesalahan seperti kelebihan saat menghitung atau kekurangan saat menghitung benda stik es krim sesuai intruksi. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan kemampuan kognitif anak usia dini melalui permainan membilang dengan stik es krim di TKIT Pelangi Jatisari Bekasi diterima kebenarannya
Copyrights © 2021