Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Batusangkar. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Batusangkar. Untuk Sampel penelitian sebanyak 20% dari populasinya yaitu 43 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Batusangkar. Hasil penelitian menunjukkan r-hitung sebesar 0,564 lebih besar dari r-tabel dengan taraf signifikan 5% sebesar 0,301 sehingga (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, dengan arah hubungan yang positif dan tingkat hubungan sedang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021