Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 3 (2021): Volume 5 Nomor 3 Tahun 2021

Kemampuan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Matematis: Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) Berbantuan Alat Peraga Edukatif

Taat Herliana (UIN Raden Intan Lampung)
Nanang Supriadi (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rany Widyastuti (IAIN Madura)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMA di Pesawaran setelah diberi perlakuan pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) berbantuan alat peraga edukatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasy experimental design. Subjek penelitian terdiri dari 152 peserta didik kelas XI SMAN 1 Negerikaton dengan 60 peserta didik sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dengan uji hipotesis statistik yaitu menggunakan uji One-Way Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Dari data yang diperoleh nilai sig 0,00 ˂ 0,05 maka menunjukan nilai rata-rata bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS berbantuan alat peraga edukatif terhadap kemampuan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi matematis dibandingkan model pembelajaran konvensional yang diterapkan oleh pendidik disekolah. Kesimpulannya adalah terdapat hasil yang positif terhadap model pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...