Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik

Apriyani Br Sembiring (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Darinda Sofia Tanjung (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)
Patri Janson Silaban (Universitas Katolik Santo Thomas, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 106144 Sei Mencirim Kecamatan Sunggal tahun pembelajaran 2020/2021. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas V SD Negeri 106144 Sei Mencirim yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 42 siswa. pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 22 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian korelasi dapat dilihat pada nilai koefesien korelasi sebesar 0,841 artinya rhitung (0,841) ˃ rtabel (0,423) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang sangat kuat antara model pembejaran Time Token terhadap motivasi belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 106144 Sei Mencirim. Dapat juga dilihat dari hasil pengujian uji-t dimana thitung ≥ ttabel yaitu 6,758 ˃ 1,724 sehingga menyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap motivasi belajar siswa pada tema lingkungan sahabat kita di kelas V SD Negeri 106144 Sei Mencirim tahun pembelajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...