Jurnal Basicedu
Vol 5, No 5 (2021): : October Pages 3001-5000

Penerapan Model Pembelajaran Make A Match Berbasis 4C Berbantuan Media Kartu Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di Sekolah Dasar

Dian Meilani (Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia)
Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Sep 2021

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika merupakan salah satu masalah yang perlu diselesaikan pada peserta didik di sekolah dasar. Masalah tersebut dikarenakan tidak sesuainya penggunaan model pembelajaran dengan materi, pembelajaran yang kurang menyenangkan, minimnya penggunaan media. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan model pembelajaran make a match berbasis 4C berbantuan media kartu bilangan dalam meningkatan hasil belajar matematika peserta didik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas dengan model yang digunakan adalah Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi,serta berlangsung sebanyak dua siklus. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas II MIN 2 Lembata berjumlah 33 orang yan terdiri dari 15 perempuan dan 18 laki-laki. Pengumpulan data menggunakan metode nontes berupa lembar observasi dan metode tes berupa tes objektif. Data dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan antar siklus sebesar 24,24%, dimana siklus I (72,72%) dan siklus II (96,96%). Hal ini menunjukan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran make a match berbasis 4C berbantuan media kartu bilangan mampu meningkatkan hasl belajar matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Jurnal Basicedu merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendididkan dibawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masayarakat (LPPM) Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Jurnal Basicedu sudah memiliki p-ISSN 2580-3735 dan versi online e-ISSN ...