Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 3 (2021): Oktober 2021

Dampak Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Everyone is Teacher Here secara Daring Berbantuan Video Presentasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar

Widiani, Luh Putu Susi (Unknown)
Sudiatmika, A. A. Istri Agung Rai (Unknown)
Sudiana, I Ketut (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Masih lemahnya kemampuan siswa dalam pencapaian pengetahuan pada dimensi ranah kognitif menalar, menganalisis, dan mengevaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa SMP antara kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here secara daring berbantuan video presentasi dengan kelompok siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP dengan jumlah 414 siswa. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling yang menggunakan empat kelas sebagai sampel, yaitu dua kelas sebagai kelompok eksperimen dan dua kelas sebagai kelompok kontrol dengan 83 orang siswa. Metode pengumpulan data dengan tes dan nontes. Data dianalisis dengan menggunakan uji MANCOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar IPA siswa SMP, terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa SMP, dan terdapat perbedaan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa SMP antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here secara daring berbantuan video presentasi dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional secara daring berbantuan video presentasi. Hasil belajar menunjukkan post-test pada kelompok eksperimen memiliki rata-rata nilai 80,47, sedangkan post-test pada kelompok kontrol memiliki rata-rata nilai 70,43. Setelah mengukur hasil belajar, selanjutnya dilakukan pengukuran motivasi belajar. Hasil menunjukan pada kelompok eksperimen memiliki rata-rata motivasi belajar 65,73, sedangkan pada kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata motivasi belajar 63,63. Maka, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Everyone is Teacher Here secara daring berbantuan video presentasi lebih efektif dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...