Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
Vol 7, No 2 (2021)

Meta-Analisis Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik

Novebrini, Sintya (Unknown)
Asrizal, Asrizal (Unknown)
Mufit, Fatni (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2021

Abstract

Abstract: This study aims to see the effect size of the project-based learning (PjBL) model on students' understanding of concepts, using the meta-analysis method. The articles obtained in this study amounted to 15 articles. The first result of this research is that the project based learning (PjBL) model has a high category effectiveness on students' conceptual understanding. Second, if it is seen from the level of education, the project based learning (PjBL) model has a high category effectiveness for understanding the concepts of students. The third is the use of project-based learning (PjBL) media that is effectively used for understanding students' concepts. Fourth, science and physics material is effectively used for understanding students' concepts.Intisari: Penelitian bertujuan untuk melihat effect size pengaruh model project based learning (PjBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik, dengan menggunakan metode meta-Analisi. Artikel yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu berjumlah 15 Artikel. Hasil Penelitian ini pertama yaitu model project based learning (PjBL) memiliki keefektifan kategoti tinggi terhadap pemahaman konsep peserta didik. Kedua yaitu jika dilihat dilihat dari jenjang pendidikan model project based learning (PjBL) memiliki keefektifan kategori tinggi terhdap pemahaman konsep peserta didik. Ketiga yaitu penggunaan media model project based learning (PjBL) efektif digunakan untuk pemahaman konsep peserta didik. Keempat yaitu materi Ipa dan Fisika efektif digunakan terhadap pemahaman konsep peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

naturalscience

Publisher

Subject

Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics Other

Description

Jurnal Natural Science ini memuat artikel yang membahas aspek pendidikan Fisika, metode, model pembelajaran IPA Fisika, inovasi-inovasi pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan aspek fisika murni. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, laporan studikasus, kajian dan tinjauan ...