MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA SMP KELAS IX DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Atini Jahwa Arofah (Unknown)
Nita Hidayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2021

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepercayaan diri yang dimiliki oleh siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan populasi seluruh siswa SMP yang ada di kabupaten cirebon. Sedangkan sampel yang digunakan adalah siswa kelas IX SMPN 1 Beber sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan ialah dengan memberikan angket kepercayaan diri yang terdiri dari 16 pernyataan dan memiliki 4 indikator. Kemudian data tersebut dihitung dengan rumus presentase jawaban dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran presentase jawaban. Presentase yang didapat yaitu sebesar 41,28 % untuk indikator pertama, 47,68% untuk indikator kedua, 49,52% untuk indikator ketiga, dan 42,96% untuk indikator keempat. Sedangkan untuk presentase rata-rata keseluruhan itu sebesar 45,38%. Berdasarkan hasil presentase rata-rata keseluruhan jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa tingkat kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran matematika pada siswa sekolah menengah pertama kurang hampir setengahnya siswa belum menguasai indikator-indikator kepercayaan diri. Kata-kata kunci: Kepercayaan Diri, Siswa SMP, Pembelajaran Matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...