Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar matematika saat pandemi covid-19 pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Instumen yang digunakan adalah angket kemandirian belajar matematika Agnes Sri Handayani dan Iin Ariyanti pada tahun 2019 dengan judul penelitian “Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Pada Saat Pandemi COVID-19”. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMPN di Kabupaten Bekasi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII. Analisis data pada penelitian ini dengan membuat tabulasi data dan menentukan presentase jawaban siswa, menentukan presentase rata-rata dan melakukan analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh presentase rata-rata sebesar 24%, artinya hanya sebagian kecil siswa telah memiliki kemandirian belajar saat pandemi COVID-19.Kata-kata kunci: kemandirian belajar, covid 19, pembelajaran daring
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021