MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 2 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA SAAT PEMBELAJARAN DARING PADA SISWA SMP

Istiqomah Yahya (Unknown)
Attin Warmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemandirian belajar matematika saat pandemi covid-19 pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Instumen yang digunakan adalah angket kemandirian belajar matematika Agnes Sri Handayani dan Iin Ariyanti pada tahun 2019 dengan judul penelitian “Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP Pada Saat Pandemi COVID-19”. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMPN di Kabupaten Bekasi. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa kelas VIII. Analisis data pada penelitian ini dengan membuat tabulasi data dan menentukan presentase jawaban siswa, menentukan presentase rata-rata dan melakukan analisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh presentase rata-rata sebesar 24%, artinya hanya sebagian kecil siswa telah memiliki kemandirian belajar saat pandemi COVID-19.Kata-kata kunci: kemandirian belajar, covid 19, pembelajaran daring

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...