Cokroaminoto Journal of Primary Education
Vol. 4 No. 2 (2021): Oktober 2021

Pengaruh Model Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dengan Teknik Tutor Sebaya terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN 135 Binano

Sujarwati Sujarwati (SDN 135 Binano)
Muhammad Ilyas (Universitas Cokroaminoto Palopo)
Nurdin Nurdin (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe numbered heads together dengan teknik tutor sebaya terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas V SDN 135 Binano. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan satuan eksperimen yang dilakukan pada kelas V SDN 135 Binano. Penentuan satuan eksperimen dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen pada penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah, angket motivasi belajar, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis inferensial dan kriteria pengaruh. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sebelum pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan teknik tutor sebaya berada pada kategori rendah, (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika setelah pembelajaran dengan model kooperatif tipe Numbered Head Together dengan teknik tutor sebaya berada pada kategori baik, (3) Motivasi belajar matematika siswa sebelum pembelajaran berada pada kategori sedang, (4) Motivasi belajar matematika setelah pembelajaran berada pada kategori tinggi, (5) Terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika, dan (6) Terdapat perbedaan motivasi belajar matematika setelah pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cjpe

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

The focus of this journal is primary education, which covers related aspects such as students, teachers, teaching materials, evaluation and assessment, curriculum, and lesson ...