Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui sistem pemasaran ikan cakalang diTempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Katialada Kecamatan Kwandang KabupatenGorontalo Utara dan (2) Mengetahui margin pemasaran dan efesiensi pemasaranikan cakalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Desa Katialada KecamatanKwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode deskriptif. Data primer dan data sekunder yang telah dikumpulkan disajikandalam bentuk bagan dan tabel. Teknik pengumpulan data dilakukan denganwawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 67 orang denganmetode penarikan sampel yakni total sampling. Hasil penelitian disimpulkan bahwaPemasaran hasil tangkapan ikan cakalang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di DesaKatialada Desa memiliki sistem pemasaran dari nelayan ke pedagang pengumpulke pedagang besar ke pedagang pengecer dan ke konsumen. Margin pemasaranikan cakalang di TPI Katialada Kecamatan Kwandang Kabupatgen Gorontalo Utarasebesar Rp. 2.500 sedangkan tingkat efisiensi pemasaran adalah 4,2% < 5% dengan kategori efisien.
Copyrights © 2021