Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Meminimalisir Bahaya Bullying Melalui Bimbingan Klasikal pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru

Fauziah Soleman (SMP Negeri 7 Telaga Biru Gorontalo)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini Apakah Bimbingan Klasikal dapat meminimalisir Bahaya Bullying pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru?. Adapun tujuan penelitian ini Untuk Meminimalisir Bahaya Bullying pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru melalui Bimbingan Klasikal. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan perilaku baik siswa dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis perilaku siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 26 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 18 orang siswa yang yang memperoleh nilai 75 keatas (perilaku baik) atau sebanyak 69,2%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 26 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75 ke atas (Perilaku baik) berjumlah 25 orang atau 96%. Simpulan dari Penelitian ini adalah bimbingan klasikal ternyata dapat Meminimalisir Bahaya Bullying pada Siswa VIII SMP Negeri 7 Telaga Biru.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...