Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
Vol 7, No 3 (2021): September 2021

Meningkatkan Perilaku Disiplin Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Layanan Bimbingan Kelompok WA Group Di SMP Negeri 3 Telaga

Magdalena Maunti (SMP Negeri 3 Telaga)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana upaya guru Meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring melalui layanan bimbingan kelompok WA group di SMP Negeri 3 Telaga. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya guru meningkatkan perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring melalui layanan bimbingan kelompok WA group di SMP Negeri 3 Telaga. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan disiplin peserta didik dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh analisis evaluasi peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus I sebanyak 11 orang dari 20 orang peserta didik memperoleh nilai 70 ke atas (55,00 %) dan sebanyak 9 orang peserta didik (45,00 %) memperoleh nilai 69 ke bawah. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 20 orang peserta didik yang diteliti, sebanyak 17 orang siswa (85,00 %) memperoleh nilai 70 ke atas (KKM = 70) dan dianggap tuntas. Dengan demikian, hal ini sudah membuktikan hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu jika digunakan melalui layanan bimbingan kelompok WA group di SMP Negeri 3 Telaga maka perilaku disiplin peserta didik dalam pembelajaran daring akan meningkat dapat diterima dan teruji kebenarannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Aksara

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal with P-ISSN 2407-8018 (Print), E-ISSN 2721-7310 (Online) is a Peer-reviewed journal published three times published in January, May, September with a peer review process and open access. The Focus and Scope of the journal publishes research articles on ...