Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penerapan pengembangan petunjuk praktikum berbasis guided inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D dengan tahapan Pendefinisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop), Penyebaran (Disseminate). Sebelum dilakukan tahapan penyebaran, perlu dilakukan pengusulan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) terhadap Petunjuk Praktikum Bioteknologi Berbasis Guided Inquiry. Proses pengusulan sudah dilakukan dari bulan Januari Tahun 2021 dan terbit pada bulan April 2021. Sertifikat HKI yang berhasil diperoleh untuk Buku Petunjuk Praktikum Bioteknologi Berbasis Guided Inquiry sebagai Pegangan Guru SMA dan Buku Petunjuk Praktikum Bioteknologi Berbasis Guided Inquiry untuk Peserta Didik SMA Kelas XII Semester 2. Dengan adanya sertifikat HKI diharapkan dapat meningkatkan reputasi dan citra peneliti dan sivitas akademika suatu universitas di tingkat nasional maupun internasional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021