Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan latihan loncat katak dapat meningkatkan hasil lompat jauh gaya jongkok Siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan rancangan berbentuk One Group Pretes - Postes. Populasi dan sampel dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar yang berjumlah 36 siswa. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik tes berbentuk hasil lompat jauh gaya jongkok. Data hasil tes siswa dianalisisi dengan menggunakan uji non parametrik. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh nilai rata-rata hasil lompat jauh gaya jongkok pada pre-tes sebesar 2,220 meningkat pada pos-tes menjadi 2,714. Kemudian diperhitungkan dibuktikan bahwa 0,00 lebih kecil dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan latihan loncat katak terhadap peningkatan hasil lompat jauh gaya jongkok siswa kelas V Sekolah Dasar mendapatkan hasil yang maksimal
Copyrights © 2021