EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Salah Satu Pemanfaatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar

Defany Dwi Rahmadhani (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Indah Cahaya Putri (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Dinie Anggraeni Putri (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yayang Furi Furnamasari (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2021

Abstract

Saat ini media pembelajaran dirancang sesuai dengan perkembangan teknologi, seperti penggunaan internet, gadget dan alat-alat elektronik pun sudah menjadi menjadi faktor keberhasilan dalam mengembangkan pendidikan, sehingga sudah menjadi keharusan sebagai seorang pendidik untuk mengembangkan media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi terutama pada Pendidikan Kewarganegaraan sebagai acuan untuk meningkatkan jiwa kebangsaan ditengah perkembangan teknologi di dunia, serta Pendidikan Kewarganegaraan memiliki tujuan tertentu untuk menanamkan nilai-nilai ideologi Pancasila di tengah era globalisasi terhadap generasi muda.[None1]  Penelitian ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai ideologi Pancasila di tengah era gloobalisasi terhadap generasi muda, agar generasi muda saat ini tidak terjerumus pada kepada pengaruh negatif dari perkembangan teknologi. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dari beberapa Jurnal, Buku Online, dan Karya Ilmiah yang dapat dipercaya karena relevansinya. Pada penelitian ini memiliki peran untuk memfokuskan salah satu cara dalam mencapai tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi. Karena pada implikasinya pemanfaatan teknologi pada proses pembelajaran ini bisa membuat peserta didik dapat menemukan alternatif dalam belajar, baik itu di sekolah maupun di rumah 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...