EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Kalimat Imperatif Video Dr. Richard Lee di Youtube dalam Pembentukan Personal Branding dan Dimanfaatkan sebagai Bahan Ajar Teks Prosedur

Novhia Dwi Payanti (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Wienike Dinar Pratiwi (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)
Een Nurhasanah (Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan masyarakat akan banyaknya produk-produk kecantikan yang begitu marak di pasaran. Akan tetapi masyarakat belum mengetahui apakah produk tersebut aman atau justru berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penemuan jenis kalimat imperatif dalam video Dr. Richard Lee, Mars dalam pembentukan personal branding dan dimanfaatkan sebagai bahan ajar teks prosedur di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi. Hasil yang diperoleh dari analisis kalimat imperatif dalam video Dr. Richard Lee, Mars ini adalah ditemukannya 26 kalimat imperatif yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis kalimat imperatif menjadi 3 jenis yaitu, 3 jenis kalimat imperatif halus, 11 kalimat imperatif permintaan, dan 12 jenis kalimat imperatif larangan. Jumlah kalimat imperatif yang paling banyak ditemui maka secara tidak langsung telah membentuk personal branding dari Dr. Richard Lee, Mars.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...