EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri Terhadap Kinerja Guru SMA

Suka Nikmat Zebua (Universitas Terbuka Medan, Indonesia)
Elisabet Siahaan (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)
Erlina Erlina (Universitas Sumatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2021

Abstract

Kinerja guru di SMA Negeri 3 Gunungsitoli belum maksimal, dimana masih terdapat guru yang belum mampu untuk mengelola kelas dengan baik, dimana mayoritas guru masih menggunakan cara klasik dalam mengajar yakni hanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan. Pembelajaran cenderung membosankan bagi siswa karena bersifat monoton dan tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, kreativitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Gunungsitoli baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh guru SMA Negeri 3 Gunungsitoli berstatus PNS dengan populasi berjumlah 45 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel berjumlah 45 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kreativitas dan kemampuan menyesuaikan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Gunungsitoli

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...