Kinerja guru di SMA Negeri 3 Gunungsitoli belum maksimal, dimana masih terdapat guru yang belum mampu untuk mengelola kelas dengan baik, dimana mayoritas guru masih menggunakan cara klasik dalam mengajar yakni hanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan penugasan. Pembelajaran cenderung membosankan bagi siswa karena bersifat monoton dan tidak menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional, kreativitas dan kemampuan menyesuaikan diri terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Gunungsitoli baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini dilakukan kepada seluruh guru SMA Negeri 3 Gunungsitoli berstatus PNS dengan populasi berjumlah 45 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling sehingga sampel berjumlah 45 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan metode analisis statistik deskriptif dan metode analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, kreativitas dan kemampuan menyesuaikan diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMA Negeri 3 Gunungsitoli
Copyrights © 2021