EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah Menengah Atas di Era New Normal

Moh Rofiki (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Lukman Sholeh (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)
Abdul Rozaq Akbar (Universitas Nurul Jadid, Indonesia)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2021

Abstract

Fokus tulisan ini adalah implementasi pemasaran jasa pendidikan di lembaga pendidikan yang sekarang berada dalam era kenormalan baru karena dampak pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Tujuan penelitian ini adalah dapat mendeskripsikan secara utuh serta menyeluruh tentang strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMA Nurul Jadid Paiton Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, serta studi dokumentasi. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, bagian humas, guru, serta siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubbeman terdiri dari mereduksi data, menyajikan data, seta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwasanya strategi pemasaran jasa pendidikan dalam meningkatkan daya saing sekolah di SMA Nurul Jadid terdiri dari beberapa strategi yang digunakan yaitu strategi pemasaran jasa pendidikan secara langsung, tidak langsung serta deferensiasi

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...