EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Social and Religion Value of Muludan and Mutual Assisting in Community

Bahagia Bahagia (Universitas Ibn Khaldun Bogor, Indonesia)
Fachruddin Majeri Mangunjaya (Universitas Nasional, Indonesia)
Rimun Wibowo (STIMMA IMMI Jakarta, Indonesia)
Zulkifli Rangkuti (STIMMA IMMI Jakarta, Indonesia)
Zakky Muhammad Noor (LPM Equator Bogor, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Penelitian bertujuan menemukan nilai-nilai sosial dan perilaku lingkungan pada kegiatan jumat berkah, muludan dan kerjabakti. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Pengambilan data dengan teknik purposive. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan responden. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat bekerjasa dengan anggota masyarakat yang lain pada kegiatan acara muludan dan saling membantu kepada anggota masyarakat yang sedang sakit. Nilai sosial dan pahala juga terdapat pada jumat berkah dimana hari ini dianggap momen terbaik untuk bersedekah. Pada saat acara muludan, social capital nampak ketika ibu-ibu sangat kompak untuk melaksanakan kegiatan muludan terutama pada saat menyediakan konsumsi dan perencanaan kegiatan muludan. Disamping itu, ada social networking pada masyarakat sebagai jembatan penghubung secara sosial kepada dunia luar untuk mendapatkan ustad yang berpotensi sebagai penceramah. Pada saat ini terjadi pemilihan sumberdaya manusia yang berkualitas karena atas rekomendasi dari anggota masyarakat yang mengenal calon yang mengisi acara muludan. Pada saat itu juga terdapat nilai-nilai pemberdayaan gender menjadi bagian dalam kegiatan ini karena peran perempuan dan laki-laki bisa optimal. Disamping itu, kegiatan kerja bakti juga dilakukan oleh pemuda untuk bersih-bersih sungai-sungai agar terhindar dari bencana dan lingkungan

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...