EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Latar Belakang Akademik dan Sosial Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Mashud Syahroni (Universitas Tidar, Indonesia)
Fifit Firmadhani (Universitas Tidar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Peminat program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Tidar mengalami tren penurunan sehingga perlu peningkatan mutu pendidikan salah satunya pada proses pembelajaran bermutu dengan analisis karakteristik mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan karakteristik mahasiswa prodi PBSI. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian adalah mahasiswa program studi PBSI Universitas Tidar angkatan 2018-2020 dan sampel ditentukan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dengan angket dan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dengan tabel tunggal. Hasil penelitian yaitu latar belakang akademik mahasiswa program studi PBSI merupakan lulusan jenjang sekolah menengah berjenis sekolah menengah atas dengan jurusan ilmu pengetahuan sosial. Alasan pemilihan prodi PBSI karena minat dan keinginan menjadi guru pegawai negeri sipil. Alasan pemilihan prodi PBSI juga karena faktor lokasi dan status perguruan tinggi negeri dari Universitas Tidar. Sedangkan latar belakang sosial mahasiswa program studi PBSI berasal dari masyarakat daerah Magelang dan sekitarnya. Ditinjau dari aspek sosial ekonomi mahasiswa berasal dari golongan ekonomi menengah bawah dengan pekerjaan orangtua mayoritas sebagai petani dan buruh. Proses pembelajaran bermutu perlu disesuaikan dengan latar belakang akademik dan sosial mahasiswa PBSI tersebut

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...