EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Media Pembelajaran Quizizz dalam Pembelajaran Daring pada Siswa Tingkat Sekolah Dasar

Gamar Al Haddar (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia)
Maulana Adam Juliano (Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada penggunaan media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui menganalisis media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran daring pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 6 Samarinda Utara tahun pembelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan peniliti adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian mengenai menganalisis media pembelajaran Quizizz dalam pembelajaran daring di SD Muhammadiyah 6 Samarinda Utara bahwa menggunakan aplikasi Quizizz dapat menumbuhkan motivasi dan minat belajar siswa. Menggunakan aplikasi Quizizz juga menjadikan proses pembelajaran daring lebih menyenangkan. Adapun kendala dalam penggunaan aplikasi Quizizz adalah jaringan internet. Kemudian penggunaan kouta internet untuk mengakses aplikasi Quizizz juga menjadi kendala karena susah menghubungkan ke-jaringan internet. Adapun manfaat ketika menggunakan aplikasi Quizizz membuat proses pembelajaran daring lebih variatif dan efisien. Kelebihan menggunakan aplikasi Quizizz hasil belajar dapat dilihat secara langsung. Penggunaan aplikasi Quizizz juga dapat mengevaluasi siswa secara mandiri. Aplikasi Quizizz hanya untuk mengetahui kemampuan siswa dalam ranah kognitif. Penggunaan media pembelajaran berbasis online seperti aplikasi Quizizz pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 6 Samarinda utara dapat dikatakan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...