EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Pemikiran Syekh Ahmad Surkati

Asep Supriatna (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Vina Febiani Musyadad (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Alfian Syach (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)
Diah Widiawati (STIT Rakeyan Santang Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Oct 2021

Abstract

Pendidikan Islam memiliki tugas penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar umat Islam dapat berperan aktif dan tetap bertahan serta bersaing di era globalisasi. Syekh Ahmad Surkati merupakan tokoh yang besar dalam pembaharuan pemikiran Islam di Indonesia terutama dalam bidang pendidikan, namun namanya masih jarang disebut dalam wacana sejarah pergulatan pemikiran Islam di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam yang digagas oleh Syekh Ahmad Surkati secara mendalam, karena pemikiran beliau banyak mempengaruhi dunia Pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research). Syekh Ahmad Surkati merupakan tokoh pembaharu dunia pendidikan Islam, ini terbukti dengan adanya penjenjangan dalam intuisi pendidikan yang dilakukan oleh Syekh Ahmad Surkati, yang sebelumnya belum pernah ada di Indonesia. Syekh Ahmad Surkati juga merupakan pelopor terbentuknya sistem kelembagaan dalam dunia pendidikan. Ini sebuah kemajuan dalam dunia pendidikan. Besar kiranya kontribusi Syekh Ahmad Surkati dalam membina dan memajukan serta membenahi sistem pendidikan yang berkembang di Indonesia

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...