EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 3, No 6 (2021): December Pages 3500-5500

Analisis Kesesuaian Soal Penilaian Tengah Semester IPA dengan Kaidah Penyusunan Soal pada Aspek Bahasa di Sekolah Dasar

Ima Rahmawati (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Yusuf Suryana (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)
Syarip Hidayat (Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Galunggung merupakan sekolah dasar negeri di Kota Tasikmalaya yang memiliki skor standar penilaian dan standar tenaga pendidik tertinggi. Penelitian ini bertujuan mengungkap tingkat kesesuaian soal Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA–yang dibuat guru SDN Galunggung–dengan kaidah penyusunan soal pilihan ganda pada aspek bahasa. Desain penelitian menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode studi kasus. Objek pada penelitian ini soal PTS IPA Kelas VI semester 1 TA 2020/2021, SDN Galunggung Kota Tasikmalaya, yang dipilih melalui sampel purposif. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui pengumpulan data kualitatif; dokumen, observasi, wawancara. Adapun pengolahan data dilakukan dengan; reduksi, displai, dan analisis data, pendeskripsian hasil penelitian, lalu pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa soal PTS IPA yang berisi 25 soal ini sebesar 72% sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia, 80% sesuai dengan aturan penggunaan bahasa komunikatif, 96% sesuai dengan aturan penggunaan frasa dalam pilihan jawaban, dan 100% sesuai dengan aturan penggunaan bahasa nasional dalam soal. Rata-rata persentase kesesuaian soal sebesar 87%. Tingkat ketidaksesuaian soal hanya sebesar 13% yang secara umum terletak pada penerapan kaidah bahasa Indonesia (PUEBI) di dalam soal. Dengan begitu, secara keseluruhan soal PTS ini sudah sesuai dengan kaidah penyusunan soal pada aspek bahasa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...